0821 1841 8406

0821 1841 8406

Senin - Minggu, Buka 24 Jam

Senin - Minggu, Buka 24 Jam

Bandung ke Bandara Soekarno Hatta, Ini Dia Tipsnya!

  ,  by Arion Midas,  Blog
bandung ke bandara soekarno hatta

Bagi sebagian orang lebih memilih untuk melakukan perjalanan darat saat bepergian daripada melalui jalur udara. Oleh karena itu, tak heran jika masih banyak yang bingung saat melakukan perjalanan dari bandung ke bandara Soekarno hatta.

Para pelancong dari Jakarta maupun kota lainnya pasti akan memilih bnadung untuk tujuan destinasi. Untuk sampai di Kota bandung sendiri para pelancong bisa menggunakan jalur darat maupun jalur udara.

Jelas, jika menggunakan jalur darat seperti travel trilegendtour akan memakan waktu sedikit lama. Namun, dengan menggunakan jasa travel para pelancong tidak akan bingung untuk mencari lokasi kendaraan. Jasa travel bandung ke bandara Soekarno hatta inilah yang akan menjemput Anda di titik lokasi.

Akan tetapi, jika Anda lebih nyaman menggunakan jalur udara seperti pesawat juga bisa untuk di coba. Saat turun dari pesawat pastinya, Anda juga perlu menyewa jasa sewa rental mobil bandung ke bandara sokarno hatta.

Pastinya, bagi pemula yang menggunakan jalur udara seperti pesawat terbang akan cukup bingung untuk mencari terminal pesawat mereka. Oleh karena itu, bagi Anda yang pertama kali naik pesawat bisa memperhatikan beberapa hal saat melakukan perjalanan bandung ke bandara Soekarno hatta. Jadi, simak terus penjelasannya hingga akhir.

Tips Perjalanan Bandung Ke Bandara Soekarno Hatta

bandung ke bandara soekarno hatta

Ketika pertama kali naik pesawat mungkin Anda akan sedikit kebingungan. Mulai dari letak terminal pesawat hingga perlengkapan apa saja yang perlu di bawa saat perjalanan Bandung ke bandara Soekarno hatta. Maka dari itu, perhatikan tips di bawah ini antara lain :

  1. Reservasi Tiket Online

Dalam era modern ini, perkembangan teknologi telah mengubah cara kita melakukan berbagai aktivitas, termasuk pembelian tiket bandung ke bandara Soekarno hatta secara online. Dengan begitu banyak situs dan agen perjalanan yang menyediakan layanan reservasi tiket pesawat, kemudahan tersebut sudah menjadi pengetahuan umum.

Meskipun demikian, jika Anda ingin menemukan tiket dengan harga yang sangat terjangkau, ada tips yang dapat saya bagikan. Salah satunya adalah mengikuti berbagai event Travel Fair yang di adakan secara berkala.

Di Indonesia, salah satu event Travel Fair terbesar adalah Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) yang di selenggarakan oleh maskapai penerbangan utama, Garuda Indonesia. Menghadiri event ini dapat memberikan peluang untuk mendapatkan tiket dengan harga istimewa.

Dengan demikian, selain memanfaatkan kemudahan teknologi dalam pembelian tiket online juga dengan kehadiran pada event-event khusus seperti Travel Fair juga dapat menjadi strategi cerdas untuk mendapatkan penawaran terbaik.

  1. Pilih Maskapai Penerbangan

Terdapat beragam maskapai penerbangan, baik yang beroperasi di tingkat domestik maupun internasional. Tentunya, maskapai penerbnagan tersebut memiliki penawaran yang beragam termasuk harga yang terjangkau hingga pelayanan yang unggul.

Penting bagi Anda untuk memilih maskapai yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Beberapa maskapai menekankan aspek harga yang terjangkau, sementara yang lain menonjolkan kualitas layanan mereka.

Sebagai calon penumpang, Anda di sarankan untuk mempertimbangkan kedua faktor tersebut sebelum membuat keputusan pilihan maskapai. Selain itu, banyak maskapai juga menawarkan program reward kepada pelanggannya.

Hal ini berarti bahwa setiap kali Anda terbang dengan maskapai tertentu, Anda dapat mengumpulkan poin reward yang nantinya dapat di tukarkan dengan berbagai pilihan. Mulai dari diskon tiket, peningkatan kelas penerbangan, hingga fasilitas tambahan lainnya.

Oleh karena itu, selain memilih maskapai untuk perjalanan bandung ke bandara Soekarno hatta berdasarkan harga dan pelayanan saja. Melainkan, Anda juga dapat mempertimbangkan manfaat dari program reward yang di tawarkan oleh maskapai tersebut untuk meningkatkan pengalaman perjalanan Anda.

  1. Cek terminal

Prioritas utama bagi penumpang pesawat bandung ke bandara Soekarno hatta, terutama saat berada di bandara dengan lebih dari satu terminal seperti Bandara Soekarno-Hata (Cengkareng) atau Bandara Juanda (Surabaya) adalah memahami dengan jelas lokasi terminal keberangkatan. Penting untuk di ingat bahwa antar terminal di bandara seringkali memiliki jarak yang cukup jauh.

Sehingga, penting untuk mengetahui lokasi dengan tepat agar tidak terlambat. Informasi terkait terminal dapat di temukan pada tiket penerbangan. Atau dapat di konfirmasi dengan menghubungi maskapai atau agen perjalanan daring (Online Travel Agent/OTA) jika tidak tertera pada tiket.

Setelah mengetahui terminal keberangkatan, pastikan untuk memilih transportasi yang dapat membawa Anda langsung ke sana. Selalu perhatikan papan petunjuk jalan di bandara yang akan membimbing Anda menuju terminal tujuan dengan tepat.

Kesadaran akan lokasi terminal menjadi langkah awal yang sangatlah penting dalam memastikan perjalanan udara yang lancar dan efisien tanpa kendala suatu apapun.

  1. Pastikan jam keberangkatan atau kedatangan

Secara keseluruhan, wilayah di bandara dapat di bagi menjadi dua bagian utama, yaitu terminal keberangkatan dan terminal kedatangan. Selanjutnya, kedua terminal tersebut terbagi lagi menjadi dua kategori, yakni keberangkatan dan kedatangan untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Setelah memahami informasi dasar ini di harapkan para calon penumpang tidak merasa bingung lagi saat berada di bandara. Bagi penumpang pesawat, mereka dapat menuju ke terminal keberangkatan domestik atau internasional sesuai dengan tujuan penerbangan mereka.

Sebaliknya, bagi mereka yang akan menjemput keluarga atau teman dapat menunggu di area terminal kedatangan domestik atau internasional. Pada umumnya, setiap bandara menyediakan informasi denah digital yang dapat di akses melalui situs web resmi mereka.

Alternatif lainnya adalah memperhatikan papan petunjuk di bandara atau bertanya kepada petugas keamanan yang berjaga. Dengan memahami informasi tersebut pastinya, proses navigasi di bandara dapat menjadi lebih mudah dan efisien.

  1. Jangan Datang Mepet Waktu

Jika Anda berencana untuk menggunakan layanan penerbangan, di sarankan untuk tidak datang dari bandung ke bnadara Soekarno hatta mendekati waktu keberangkatan. Berdasarkan informasi yang di ambil dari beberapa situs bandara menyatakan bahwa penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat domestik di sarankan untuk tiba di bandara paling lambat dua jam sebelum jadwal keberangkatan.

Sementara itu, bagi penumpang yang akan bepergian ke luar negeri di himbau agar tiba di bandara tiga jam sebelum waktu keberangkatan pesawat. Keputusan ini di ambil untuk memastikan kelancaran proses check-in, keamanan, dan persiapan lainnya sebelum penerbangan.

Datang tidak mepet jam keberangkatan dapat membantu mencegah keterlambatan dan memastikan bahwa penumpang dapat mengikuti prosedur pemeriksaan dengan tenang. Oleh karena itu, sebagai langkah proaktif, di sarankan agar penumpang merencanakan waktu kedatangan mereka dengan bijak sesuai dengan jenis penerbangan yang akan mereka ambil, baik itu domestik maupun internasional.

  1. Pemeriksaan Keamanan

Untuk memasuki terminal keberangkatan, setiap penumpang di wajibkan melalui prosedur pemeriksaan keamanan di bandara dengan standar yang sangat ketat. Semua barang bawaan harus melewati mesin x-ray sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan yang ketat.

Oleh karena itu, di sarankan kepada penumpang untuk mengeluarkan atau melepaskan barang-barang yang terbuat dari logam, seperti sabuk, laptop, jam tangan, dan sebagainya, sebelum melewati pemeriksaan. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mempermudah proses pemeriksaan melalui mesin x-ray dan juga menghindari terjadinya antrean yang panjang.

Pihak bandara berharap dengan langkah-langkah ini, keamanan dan efisiensi di area keberangkatan dapat terjaga dengan baik. Sebagai penumpang, penting untuk mematuhi aturan dan memberikan kerjasama penuh demi keamanan bersama dan kelancaran proses perjalanan.

  1. Siapkan Dokumen Penting

Bagi calon penumpang pesawat sebaiknya menyiapkan dokumen-dokumen penting sebelum keberangkatan. Hal ini mencakup identitas pribadi, sertifikat vaksin Covid-19, tiket penerbangan, visa, paspor, dan boarding pass khususnya untuk penumpang pesawat.

Penting untuk memastikan bahwa semua dokumen ini di tempatkan dengan mudah di jangkau, misalnya dalam tas jinjing. Hal tersebut bertujuan agar dapat di ambil dengan cepat saat di perlukan selama proses pemeriksaan di bandara.

Kesiapan dengan dokumen-dokumen ini sangat penting untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan, keamanan, dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Dengan memastikan keberadaan dan keterjangkauan dokumen-dokumen ini, pengunjung dapat menghindari keterlambatan atau masalah lainnya yang mungkin timbul selama perjalanan mereka. Oleh karena itu, perhatikan dengan teliti saat persiapan dokumen dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan tanpa hambatan.

  1. Imigrasi

Bagi mereka yang berencana bepergian ke luar negeri, pasti akan menjalani proses imigrasi yang melibatkan pengecekan oleh petugas dengan menggunakan teknologi pemindaian pada lembar data paspor biometrik. Selain itu, petugas juga akan melakukan verifikasi dengan membandingkan foto yang terdapat pada paspor dengan wajah Anda secara langsung.

Setelah semua tahapan pemeriksaan selesai dan tidak di temui kendala, petugas imigrasi akan memberikan cap stempel keberangkatan pada paspor Anda. Proses ini bertujuan untuk memastikan keabsahan dokumen perjalanan serta kecocokan identitas pelancong sebelum memasuki wilayah negara yang di kunjungi.

Keberhasilan proses imigrasi ini menandakan persetujuan resmi untuk melanjutkan perjalanan ke luar negeri, memastikan keamanan, dan mematuhi regulasi serta kebijakan yang berlaku di negara tujuan.

  1. Boarding

Setelah mendapatkan tiket masuk, pastikan untuk memeriksa informasi mengenai gate atau tempat Boarding dan waktu keberangkatan yang tertera pada tiket masuk. Pahami dengan baik di mana Anda harus menuju dan kapan waktu tepat untuk menuju ke ruang boarding tersebut.

Ruangan atau area Boarding pada tiket masuk akan menjadi tempat yang tepat untuk menunggu sebelum proses pemberangkatan pesawat dimulai. Pastikan untuk memanfaatkan waktu menunggu Anda dengan nyaman di ruangan ini, mungkin dengan mengecek fasilitas atau mendapatkan informasi terbaru mengenai penerbangan Anda.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan pengumuman atau perubahan terkait penerbangan agar Anda tidak kehilangan informasi penting. Dengan mematuhi petunjuk yang tertera pada tiket masuk, Anda dapat memastikan pengalaman perjalanan yang lebih lancar dan teratur sebelum naik pesawat.

  1. Duduk di dalam Pesawat

Ketika tiba untuk proses boarding tiba, penumpang di undang untuk memasuki pesawat dengan tertib. Proses ini biasanya di awali dengan memberikan prioritas kepada penumpang kelas Bisnis dan kategori khusus, seperti manula, orang sakit, ibu hamil, dan mereka yang membawa anak-anak.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada mereka yang membutuhkan perhatian ekstra atau kenyamanan tambahan selama perjalanan. Sebelum benar-benar memasuki pesawat, penumpang umumnya melewati tahap awal seperti melalui garbarata atau naik bus khusus yang membawa mereka ke pesawat.

Hal ini di lakukan untuk memastikan proses boarding berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan urutan yang telah di tentukan. Pemberian prioritas ini juga mencerminkan upaya maskapai untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih terorganisir dan menyenangkan bagi setiap penumpang.

Dengan begitu, setiap penumpang dapat merasakan kenyamanan dan efisiensi selama proses boarding berlangsung. Dan memastikan bahwa proses menuju ke kursi pesawat masing-masing berjalan tanpa kendala.

  1. Pilih Tempat Duduk yang Sesuai

Setelah Anda memasuki pesawat, pastikan untuk memilih tempat duduk yang sesuai dengan yang tertera di tiket boarding pass Anda. Pada saat proses check-in, biasanya di berikan kesempatan untuk memilih tempat duduk yang di inginkan.

Beberapa istilah umum yang sering di gunakan dalam pemilihan tempat duduk adalah “window” yang berarti dekat dengan jendela dan “aisle” yang berarti dekat dengan lorong. Sebaiknya pertimbangkan kenyamanan dan preferensi pribadi Anda ketika memilih tempat duduk di dalam pesawat.

Saat membawa barang ke kabin, di sarankan untuk hanya membawa barang-barang yang sangat di perlukan agar tidak merasa kesulitan atau berat saat membawanya. Tak lupa juga untuk Menyusun barang-barang dengan efisien juga dapat membantu memastikan kenyamanan perjalanan Anda.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat membuat pengalaman penerbangan Anda lebih menyenangkan dan nyaman tanpa kendala yang berarti.

  1. Gunakan Pakaian dan Alas Kaki Yang Nyaman

Saat pertama kali menggunakan jalur udara, pesawat di sarankan untuk memilih pakaian dan alas kaki yang nyaman. Banyak orang yang baru pertama kali melakukan perjalanan udara seringkali mengabaikan pentingnya kenyamanan alas kaki.

Hal tersebut merupakan kesalahan umum karena area bandara biasanya luas dan memerlukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain, termasuk melalui proses pengecekan keamanan, check-in, boarding, hingga akhirnya masuk ke dalam pesawat.

Menggunakan alas kaki yang tidak nyaman dapat membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan dan menimbulkan ketidaknyamanan selama berada di bandara. Pilihlah alas kaki yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan, hindari sepatu yang terlalu ketat atau berpotensi menyebabkan lecet.

Dengan memperhatikan kenyamanan pakaian dan alas kaki, pengalaman pertama kali ke bandara dapat menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Serta hal tersebut untuk memastikan bahwa perjalanan udara Anda akan berlangsung nyaman, aman, dan tanpa keluhan.

  1. Batasi Barang Bawaan

Bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan transportasi pesawat, langkah penting yang perlu di ingat adalah membatasi barang bawaan mereka, khususnya untuk penumpang pesawat. Di sarankan agar penumpang memahami dan mematuhi ketentuan berat bagasi yang di berlakukan oleh maskapai penerbangan.

Hal ini menjadi kunci untuk menghindari masalah terkait dengan kelebihan berat bagasi dan potensi biaya tambahan yang dapat timbul akibat banyaknya barang bawaan yang Anda bawa. Sebelum memulai proses packing barang disarankan agar penumpang mencari informasi terkini mengenai kebijakan berat bagasi dari maskapai yang dipilih.

Mengetahui batas berat yang di izinkan akan membantu penumpang untuk merencanakan barang bawaan mereka secara efisien. Kesadaran terhadap ketentuan ini akan memastikan pengalaman perjalanan yang lebih lancar dan menyenangkan.

Oleh karena itu, sebaiknya penumpang melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum berangkat. Hal itu di maksudkan agar dapat menghindari kerumitan yang mungkin timbul di bandara.

Demikian, beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat perjalanan bandung ke bandara Soekarno hatta, terutama bagi pemula yang pertama kali menggunakan transportasi pesawat. Tentunya, tips – tips tersebut di maksudkan agar Anda sebagai calon penumpang dapat merasakan penjalanan yang nyaman. Dengan mengikuti tips di atas, di jamin Anda tidak akan terlambat atau ketinggalan pesawat.

Sebab, banyak kasus yang terjadi penumpang pemula kehilangan tiket karena ketinggalan pesawat. Dalam menggunakan transportasi pesawat memang banyak sekali proses check in yang harus di lakukan. Untuk lebih simple Anda bisa menyewa jasa rental mobil untuk menuju tempat destinasi wisata yang ingin di tuju.

 

Rate this post

Tentang Kami

Kami menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau dan relatif murah untuk membantu memperlancar liburan anda. Jika diperlukan, kami siap membantu pula merekomendasikan tempat penginapan sesuai dengan budget Anda.

Hubungi Kami

Telp: 0821 1841 8406
WA: 0821 1841 8406
Email: trilegendtour@gmail.com

Alamat Kantor

Head Office: Jl. Ligar Mayang No.22, Cibeunying, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40191

Top